Minggu, 07 Juni 2015

Tugas 1 : Java Dalam Pemrograman Jaringan

1. getIP.java
Listing
Output
Logika
Listing program diatas merupakan listing untuk mengetahui IP Adrress dari suatu komputer. Pada langkah pertama mengimport java.net dimana dalam java.net ini tersedia tools - tools untuk jaringan pada java. Selanjutnya pembuatan class bernama getIP dan function main dari program ini. Dalam function main inilah yang akan listing untuk mendapatkan IP Address. Langkah selanjutnya adalah pembuatan variabel InetAddress yaitu host yang diberikan nilai null terlebih dahulu agar tidak bentrok. Kemudian gunakan fungsi getLocalHost() untuk mendapatkan host yang digunakan dan akan dimasukkan sebagai nilai dari variabel host. Selanjutnya gunakan fungsi getAddress() untuk mendapatkan IP Address yang akan dimasukkan nilai dari array ip yang berbentuk byte. Selanjutnya perulangan for untuk memisahkan network dan host. Dari program ini akan menghasilkan output IP Address yaitu 192.168.137.1

2. getName.java
Listing
 Output
Listing
Listing program diatas merupakan listing untuk mengetahui nama komputer dari suatu komputer. Pada langkah pertama mengimport java.net dimana dalam java.net ini tersedia tools - tools untuk jaringan pada java. Selanjutnya pembuatan class bernama getName dan function main dari program ini. Dalam function main inilah yang akan listing untuk mendapatkan nama komputer. Langkah selanjutnya adalah pembuatan variabel InetAddress yaitu host yang diberikan nilai null terlebih dahulu agar tidak bentrok. Kemudian gunakan fungsi getLocalHost() untuk mendapatkan host yang digunakan dan akan dimasukkan sebagai nilai dari variabel host. Untuk mendapatkan nama komputer gunakan fungsi getHostName(). Maka akan menghasilkan nama dari komputer.

3. IPtoName.java
Listing
 Output
Logika
Listing program diatas merupakan listing untuk mengetahui domain dari suatu kompter berdasarkan IP Address dari komputer tersebut. Pada langkah pertama mengimport java.net dimana dalam java.net ini tersedia tools - tools untuk jaringan pada java. Selanjutnya pembuatan class bernama IPtoNamedan function main dari program ini. Dalam function main inilah yang akan listing untuk mendapatkan IP Address dan kemudian akan dikonvert menjadi domain dari IP Address tersebut. Program ini mengecek dengen percabangan if jika args.length sama dengan 0 maka akan mencetak "Pemakaian: java IptoName <IP address>" dan program akan keluar dengan perintah System.exit(0). Jika tidak maka akan lanjut ke baris selanjutnya yaitu mendapatkan domain dari IP Address. Nilai dari array args dengan indeks 0 akan dimasukkan sebagai nilai variabel host dan varibel address diberi nilai null. Selanjutnya terdapat try exception dengan statement try mendapatkan nama host dari komputer sedangkan exceptionnya adalah mencetak "Invalid IP - salformed IP" dan program akan keluar. Dan yang terakhir akan mencetak nama domain dengan statement getHostName().


4. NsLookup.java
Listing
 Output

Logika
Listing program diatas adalah listing untuk mendapatkan nama domain dan juga IP Address. Listing program ini merupakan gabungan dari IPtoName.java dengan getIP.java. Baris pertama sampai try catch merupakan listing untuk mendapatkan nama domain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada IPtoName.java sedangkan baris selanjutnya adalah untuk mendapatkan IP Address seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada getIP.java.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar