Senin, 31 Maret 2014

Game Flappy Bird



Game Flappy Bird sudah dirilis sejak Mei 2013 untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Game ini mendadak populer dan ramai dibicarakan di media sosial pada awal 2014, bahkan media massa sekelas Time dan Forbes pun turut mengulas permainan ini.

Flappy Bird dibuat oleh Nguyen Ha Dong, berusia 29 tahun, asal Hanoi, Vietnam. Ia meluncurkan game Flappy Bird pada Mei 2013 di bawah bendera dotGears Studio, meskipun itu bukanlah nama sebuah perusahaan, dan hanya Dong sendirilah yang berada di Gears Studio.

Seseorang menanyakan kepadanya tentang popularitas Flappy Bird yang mendadak naik daun. Apakah ini benar-benar alami?

Dong sendiri tidak tahu mengapa game buatannya bisa begitu populer. "Sulit untuk percaya. Saya tidak memiliki sumber daya untuk melakukan hal lain selain mengunggah permainan ini (ke Apple App Store dan Google Play Store)," kata Dong.

Dia juga mengatakan bahwa akun yang mengatasnamakan Flappy Bird di media sosial Twitter, Facebook, dan Instagram, bukan dimiliki oleh dirinya sendiri.

"Popularitas bisa menjadi keberuntungan saya," ucap Dong dalam wawancara dengan Chocolate Lab Apps.

Chocolate Labs Apps berpendapat, salah satu alasan naik daunnya Flappy Bird adalah ulasan yang ditulis para pengguna di toko aplikasi Android dan iOS, serta ramainya perbincangan di Twitter yang menggunakan tanda pagar #FlappyBird.

Pengguna berlomba-lomba membuat ulasan tentang Flappy Bird dengan nuansa konyol dan deskripsi bagaimana frustrasinya mereka memainkan game tersebut.

Bahkan, bermunculan pula gambar olahan bernuansa lucu (meme) yang menggambarkan tentang bagaimana mereka kecanduan game yang membuat emosi ini.

Menurut Dong, sebagian besar pengguna game Flappy Bird adalah anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Ia mengucapkan terima kasih kepada mereka yang berbagi pengalaman memainkan Flappy Bird.

Dalam game ini, pengguna dapat membagikan skor mereka lewat pesan singkat (SMS), pesan elektronik (e-mail), serta media sosial Facebook dan Twitter. Bagi pemain, mendapatkan skor yang tinggi bisa jadi merupakan kebanggan tersendiri karena Flappy Bird merupakan salah satu game tersulit.

Sukses

Popularitas Flappy Bird terus menanjak pada Januari 2014. Tepatnya 10 Januari 2014,game ini mencapai terobosan baru, berhasil masuk daftar top 10 di App Store kawasan AS. 

Bisa masuk dalam daftar top 10 aplikasi di App Store AS adalah hal yang sulit bagi para pengembang. Nguyen menjawab pertanyaan yang kerap dilontarkan kepada dirinya tentang apa yang telah dilakukannya untuk meningkatkan popularitas Flappy Bird, dan dia menjawab, "Tidak melakukan promosi."

Sejak 13 Januari 2014, tingkat pengunduhan Flappy Bird tumbuh 136 persen dari hari ke hari. Menurut perusahaan analisis aplikasi Distimo, Flappy Bird menjadi aplikasi gratis nomor 1 di App Store kawasan AS pada 17 Januari 2014.

Hadir di Android

Setelah sukses di platform iOS, Nguyen mengumumkan bahwa Flappy Bird tersedia di platform Android pada 22 Januari 2014. Hanya dalam waktu sepekan, Flappy Bird menjadi aplikasi paling banyak diunduh di Google Play Store.

Sejak saat itu, Flappy Bird ramai dibicarakan di media sosial dan media massa. Media besar sekelas Forbes dan Time membuat artikel yang mengulas game ini. Di Twitter, ada sekitar 500.000 pembicaraan tentang Flappy Bird pada 25 Januari 2014, menurut data Topsy.

Pada 1 Februari 2014, Flappy Bird menjadi game gratis nomor satu di App Store di 53 negara. Akun Twitter resmi App Store sampai melontarkan kicauan tentang Flappy Bird.

Kematian

Beberapa jam setelah Nguyen merilis pembaruan Flappy Bird, tampaknya ia mulai membenci game tersebut. Kebencian Nguyen pada Flappy Bird terlihat pada 8 Februari 2014. "Saya bisa mengatakan, Flappy Bird adalah keberhasilan saya. Tetapi, ia juga meruntuhkan kehidupan sederhana saya. Jadi, sekarang saya membencinya," tulis Nguyen di akun Twitter-nya.


Sekitar pukul 02.00 pagi waktu Hanoi, tanggal 9 Februari, Nguyen membuat pengumuman yang sangat mencengangkan. Ia akan mencabut Flappy Bird dari toko aplikasi App Store dan Play Store dalam waktu 22 jam ke depan.


Para pengguna, pengembang, dan pengamat menilai pernyataan Nguyen hanya akal-akalan agar mendapat publisitas yang lebih heboh. Namun, ternyata tidak, Nguyen benar-benar mencabut Flappy Bird dari peredaran.

Tanggal 10 Februari 2014, pada pagi hari, Flappy Bird sudah tidak bisa dicari ataupun diunduh dari App Store dan Play Store. Akun Twitter Nguyen kembali diserang beragam pertanyaan. Dia tetap diam, enggan menanggapi pertanyaan.



Profil Dong Nguyen si pembuat Flappy Bird



1. Developer Indie

Dong Nguyen adalah seorang developer game indie dengan perusahaannya yang dinamakan Gears Studio. Ia mengaku membuat Flappy Bird sendirian saja tanpa bantuan siapapun.

"Aku membuat game ini sendirian jadi tidak ada tim apapun dan memang gameku ini sangat simpel sehingga tidak diperlukan banyak orang untuk membuatnya," kata dia dalam wawancara dengan thechocolatelabapps.

"Burung di Flappy Bird itu sesungguhnya sudah kubuat di tahun 2012 untuk dipakai di sebuah game namun batal," katanya lagi.

Nguyen menyatakan membuat game semacam Flappy Bird hanya butuh waktu dua sampai tiga hari saja. "Programming butuh waktu sekitar dua sampai tiga hari untuk membuat gamenya bagus," tutur dia.

2. 'Alergi' Media
Dong Nguyen memang boleh dibilang sosok yang aneh. Jika developer game yang lain hampir dapat dipastikan senang bukan kepalang jika gamenya sukses, dia malah sebaliknya. Malah dia meminta media untuk menjauhi dirinya.

"Para awak media terlalu berlebihan merespons kesuksesan gameku. Aku tidak pernah menginginkan hal ini, jadi tolong beri aku ketenangan," kata Dong di Twitter.

Dong hanya melakukan sedikit wawancara sehingga profil dirinya tidak banyak terkuak. Soal kehidupan pribadinya pun nyaris nihil, dia hanya mau membicarakan Flappy Bird. Bahkan foto dirinya pun sampai saat ini sangat sulit ditemukan. Sepertinya baru satu saja fotonya beredar.

Para media pun banyak yang memilih mengambil postingan di Twitter Dong Nguyen untuk membuat berita. Twitter Nguyen di @dongatory saat ini sudah difollow sekitar 115 ribu pengguna Twitter.

3. Kaget Karena Kesuksesan Flappy Bird
Dong Nguyen mengaku kaget Flappy Bird bisa sedemikian fenomenal dan mengalahkan popularitas game dari para developer besar dengan modal melimpah. Padahal, ia mengaku tidak melakukan trik marketing apapun.

"Aku tidak melakukan metode promosi apapun. Semua akun Twitter, Facebook dan Instagram yang berisi tentang Flappy Bird bukankah milikku. Popularitasnya mungkin adalah karena keberuntunganku," katanya.

Mengenai alasan Flappy Bird bikin ketagihan, Nguyen mengutarakan pendapatnya. "Alasan mengapa Flappy Bird sangat populer adalah karena game ini merupakan sesuatu yang berbeda dari game mobile yang ada pada saat ini,"

"Orang-orang di ruangan yang sama bisa bermain dan berkompetisi dengan mudah karena Flappy Bird gampang dipelajari tapi butuh keterampilan untuk mencapai skor yang tinggi," jelas Dong.

4. Jadi Kaya Raya
Poularitas melesat Flappy Bird membuat Dong Nguyen untung besar. Ia mengaku menghasilkan sampai USD 50 ribu atau di kisaran Rp 600 juta dalam sehari.

Penghasilan itu didapatkan dari iklan yang selalu muncul setiap kali orang bermain Flappy Bird. Namun Dong mengaku tidak akan kemaruk. Ia tidak mau menambahkan lagi iklan di Flappy Bird.

"Flappy Bird telah berada dalam tahap di mana jika ada sesuatu yang ditambahkan dalam game malah akan merusaknya, jadi aku akan membiarkannya tetap begitu saja," katanya dalam wawancara ala kadarnya dengan media teknologi The Verge.

Nguyen juga mengaku telah mempersiapkan sekuel meski ia belum tahu kapan akan diluncurkan. "Aku akan memikirkan tentang sekuelnya meski belum tahu kapan merilisnya," tutur dia.

5. Menghabisi Flappy Bird
Keanehan Dong Nguyen sepertinya makin menjadi-jadi. Flappy Bird yang saat ini masih sangat populer sudah dimatikan olehnya dan tidak bisa diunduh lagi di toko aplikasi Google Play maupun App Store.

"Maaf penggemar Flappy Bird, 22 jam dari sekarang, saya akan menurunkan Flappy Bird. Saya tak bisa mengontrolnya lagi," kata Dong. Janji itu kini sudah ditepati.

Banyak yang menyayangkan Flappy Bird dimatikan begitu cepat. Ada pula yang menilai langkah mematikan Flappy Bird sesungguhnya hanya trik marketing dari Nguyen saja. Mungkin saja ia sengaja melakukannya agar game berikutnya lebih sukses.

"Hypenya akan luar biasa. Setiap orang mungkin saja akan membeli game baru itu, membuatnya lebih kaya lagi karena orang-orang takut dia juga akan menghapusnya," kata Robert Scoble, seorang blogger terkenal.

Alasan Flappy Bird Mendunia

1. Sederhana
Kesederhanaan menjadi daya tarik Flappy Bird. Game ini hadir dengann dominasi warna hijau, biru, dan kuning. Sangat berbeda dibandingkan game yang populer pada perangkat bergerak seperti Candy Crush, Bejeweled, dan Angry Birds yang memaksimalkan grafis.

2. Mudah Dimainkan
Tujuan Flappy Bird adalah memandu seekor burung melewati rintangan berupa pipa. Satu ketukan di ponsel atau tablet berarti satu kepakan si burung. Semakin banyak rintangan, semakin tinggi poin Anda. Terbentur, si burung langsung nyungsep dan mati.

Rouri, karyawan swasta di Jakarta, yang menggandrungi Flappy Bird sejak beberapa pekan terakhir mencapai rekor 106 kali melewati rintangan. "Meski kelihatannya mudah, butuh konsentrasi tinggi untuk memainkan Flappy Bird," ujarnya.

3. Menyentuh Emosi
Kesederhanaan dan kemudahan tersebut berhasil menyentuh psikologis pengguna. "Terdapat substansi yang membuat orang merasa harus bisa memainkan Flappy Bird dengan sukses," kata Nick Statt, penulis artikel di situs teknologi CNET, Kamis, 6 Februari 2014.

Meski mengasyikkan, Flappy Bird juga bisa menimbulkan efek stres dan kecanduan. Penulis kolom di majalah Forbes, Paul Tassi, mengingatkan, jika terjadi titik bosan saat memainkan game ini, orang akan menyadari bahwa menghabiskan waktu bermain game adalah hal yang sia-sia. "Pertanyaannya adalah apakah kita sudah memasuki titik bosan?" katanya.

Flappy Bird tersedia secara gratis di App Store untuk platform iOS dan Google Play untuk platform Android. Sejak meluncur pada Maret 2013, jumlah unduhannya mencapai 10 juta di seluruh dunia. Berkat kepopuleran Flappy Bird, Nguyen mampu meraup untung US$ 50 ribu atau sekitar Rp 608 juta per hari.

Cara memainkan Flappy Bird

Karakter utama game dengan nuansa grafis 8-bit ini adalah seekor burung. Cara memainkan Flappy Bird cukup dengan mengetuk jari ke layar untuk membuat si burung terbang, dan burung itu diharuskan melewati pipa-pipa berwarna hijau. Tidak ada tantangan atau cerita lain!

Pemain akan mendapat skor 1 (satu) jika berhasil melewati satu pipa.

Di sinilah tantangan memainkan Flappy Bird. Membuat si burung melewati pipa adalah hal yang sangat sulit. Jika waktu Anda mengetuk layar tidak tepat, maka si burung terbang dan akhirnya menabrak pipa. Dan, Anda harus mengulang game ini dari awal.

Rasa penasaran semakin menjadi ketika melihat skor. Setelah bermain berkali-kali, dan gagal terus, ternyata skor terbaik yang Anda dapat hanya lima (5). Anda tidak akan tinggal diam melihatnya, ada dorongan kuat untuk mencoba lagi, tidak mungkin menolak tombol "OK" dan "Start."

Flappy Bird kerap dikaitkan meniru game berjudul “Piou Piou” yang dirilis pada 2011 karena memiliki konsep serupa dari sisi cara memainkan, karakter si burung, serta blok hijau yang menjadi rintangan.

Video Kekesalan Ketika Bermain Flappy Bird

Akun Youtube dengan nama "Bart" memukul ponselnya dengan palu sampai hancur dalam video "HOW TO BEAT FLAPPY BIRD!!!" (Bagaimana cara mengalahkan Flappy Bird) yang ia unggah. Bahkan "Bart" melakukan hal yang lebih ekstrim dengan melempar ponselnya ke toilet penuh urin dan disiram dengan tombol flush sampai hilang.



Sumber :
http://jokerbook.blogspot.com/2014/02/sejarah-game-flappy-bird.html
http://tekno.kompas.com/read/2014/02/13/1830492/Kronologi.Flappy.Bird.dari.Kelahiran.hingga.Kematian
http://yokimerkuri0604.blogspot.com/2014/02/sejarah-game-flappy-bird.html
http://www.tempo.co/read/news/2014/02/06/072551791/3-Alasan-Game-Flappy-Bird-Mendunia
http://www.antaranews.com/berita/418819/banyak-video-kesal-flappy-bird-di-youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar