Modeling
3D merupakan pengembangan objek berbasis 2D menjadi 3D. Objek 2D merupakan
objek yang hanya bisa dilihat dari sisi dengan koordinat x dan y sedangankan
objek 3D merupakan objek yang bisa dilihat dari sisi mana saja dengan koordinat
x, y, dan z. Dengan metode dan software yang mendukung suatu objek 2D akan
dirubah menjadi objek 3D yang tentu saja terlihat seperti objek aslinya.
Software yang umum digunakan adalah blender dan 3DsMAX. Blender merupakan
freeware yang berarti software gratis sedangkan 3DsMAX merupakan software
gratis. Oleh karena itu, blender lebih banyak digunakan karena software
tersebut freeware.
Metode – Metode
Modeling 3D
1. Pemodelan
Polygon atau Sub Division
Pada pemodelan ini titik – titik dibuat
dan saling terhubung sehingga membentuk yang dinamakan polygon mesh. Untuk
mendapatkan permukaan yang halus dibutuhkan banyak bidang polygon jika tidak
maka objek akan terlihat pecah.
2. Metode
NURBS (Non Uniform Relational Basis Spline)
Metode ini menggunakan kurva dengan tiga titik.
Kelebihan metode ini adalah hanya membutuhkan 3 titik saja dan lebih fleksibel
dan juga lebih tepat karena menggunakan kurva.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar