Rabu, 20 November 2013

Teknik Modeling 3D

Modeling 3D merupakan pengembangan objek berbasis 2D menjadi 3D. Objek 2D merupakan objek yang hanya bisa dilihat dari sisi dengan koordinat x dan y sedangankan objek 3D merupakan objek yang bisa dilihat dari sisi mana saja dengan koordinat x, y, dan z. Dengan metode dan software yang mendukung suatu objek 2D akan dirubah menjadi objek 3D yang tentu saja terlihat seperti objek aslinya. Software yang umum digunakan adalah blender dan 3DsMAX. Blender merupakan freeware yang berarti software gratis sedangkan 3DsMAX merupakan software gratis. Oleh karena itu, blender lebih banyak digunakan karena software tersebut freeware.


Metode – Metode Modeling 3D
1.      Pemodelan Polygon atau Sub Division
Pada pemodelan ini titik – titik dibuat dan saling terhubung sehingga membentuk yang dinamakan polygon mesh. Untuk mendapatkan permukaan yang halus dibutuhkan banyak bidang polygon jika tidak maka objek akan terlihat pecah.
2.      Metode NURBS (Non Uniform Relational Basis Spline)
Metode ini menggunakan kurva dengan tiga titik. Kelebihan metode ini adalah hanya membutuhkan 3 titik saja dan lebih fleksibel dan juga lebih tepat karena menggunakan kurva.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar